Peran alat peraga sistem pernapasan pada manusia dalam literasi siswa SDN 2 Bodak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran alat peraga dalam meningkatkan literasi sains siswa kelas V SDN 2 Bodak. Alat peraga berfumgsi sebagai media pembelajaran yang interaktif dan konkret, yang memungkinkan siswa untuk memvisualisasikan dan memahami sturktur serta mekanisme pernapasan dengan lebih baik, melalui pengamatan dan interaksi langsung, siswa lebih mudah memahami hubungan antara organ-organ dalam sistem pernapasan.
Menumbuhkan minat belajar siswa, karena pelajaran lebih menarik Membuat siswa lebih melakukan kegiatan belajar seperti, mengamati,melakukan,mendemostrasikan dan sebagainya Dengan alat peraga ini siswa dapat memahami konsepsistem pernapasan manusia menempatkan pengalaman siswa sebagai titik awal pembelajaran. Pengajaran dengan menggunakan alat peraga lebih efektif jika dibandingkan dengan pengajaran tanpa menggunakan alat peraga.
Metode dalam penelitian ini menggunakana penelitian kualitatif yang artinya bahwa peneliti mengamati permasalahan-permasalahan pembelajaran di dalam kelas V di SDN 2 Bodak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan pemahaman konsep retensi informasi serta keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, Dengan demikian penggunaan alat peraga sistem pernapasan terbukti efektif dalam meningkatkan literasi sains pada siswa kelas V di SDN 2 Bodak yang masih berada dalam tahap perkembangan berpikir konkret.
Kata Kunci : Alat Peraga, Sistem Pernafasan Pada Manusia, Literasi, Pembelajaran Konkret