Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V Di SDN 2 Jembatan Kembar Timur

  • Hilmiati Hilmiati Hilmiati Unu NTB
Keywords: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Berpikir Kritis

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V SDN 2 Jembatan Kembar Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mdetode penelitian one grup pretest postest desain. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 28 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa pilihan ganda (pre-test dan post-test), observasi aktivitas guru serta dokumentasi. Data dianalisis dengan program SPSS versi 25. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji paired sample t-test dengan hasil Sig. (2-tailed) .000 < 0.05 pada taraf signifikansi 5% aktivitas kegiatan guru berkategori baik dengan skor 14. Hipotesis awal (Ha) dalam penelitian ini dapat diterima berbunyi ada pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V di SDN 2 Jembataan Kembar Timur.

Abstract. This study aims to determine the effect of problem-based learning model on the critical thinking ability of mathematics class V students of SDN 2 Jembatan Kembar Timur. This type of research is quantitative research with one group pretest postest design research method. The sample in this study were 28 fifth grade students. Data collection techniques in this study were multiple choice tests (pre-test and post-test), teacher activity observation and documentation. Data were analysed with the SPSS version 25 program. Research hypothesis testing using paired sample t-test with the results of Sig. (2-tailed) .000 <0.05 at the 5% significance level of teacher activity is categorised as good with a score of 14. The initial hypothesis (Ha) in this study can be accepted, which reads that there is an effect of the problem-based learning model on the critical thinking ability of fifth grade mathematics students at SDN 2 Jembataan Kembar Timur.

Published
2024-12-24
Section
Articles