Pengaruh Media Puzzle Terhadap Kemampuan Mengingat Anak Slow Learner Kelas III SDN Subahnala Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah NTB
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh media puzzle terhadap kemampuan mengingat anak slow learner kelas III SDN Subahnala kecamatan batukliang kabupaten Lombok tengah nusa tenggara barat. Desain penelitian ini menggunakan jenis quasi eksperiment dengan metode pretes-postestcontrol groupdesain.Jumlah responden yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang yang terbagi menjadi dua kelas.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, instrumen dalam penelitian ini adalah tes berupa kuisioner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data hasil kemampuan mengingat siswa slow learner pretes dan postest kelas III SDN Subahanla kecamatan batukliang kabupaten lombok tengah NTB. Data yang diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif, kemudian Analisis data selanjutnya yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired t-test dengan kriteria sig> 0,05.
Hasil penelitian ini dapat menunjukkan rata-rata nilai kemampuan mengingat siswa kelompok eksperiment sebelum perlakuan dan setelah perlakuan dengan nilai menunjukkan 14.750 dan kelompok kontrol memproleh nilai –8.500. uji paired t-test menunjukkan bahwa tedapat pengaruh media puzzle terhadap kemampuan mengingat anak slow learner dan secara pengetahuan memproleh nilai sig < 0,05 yakni dengansig = 0,000
Kata Kunci : Media Puzzle, Slow Learner , Kemampuan Mengingat