Analisis

Dampak

  • Khaeroni Handayani Unu NTB
Keywords: Perceraian orang tua, hasil belajar siswa

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang
bertujuan untuk menjawab rumusan masalah mengenai
bagaimana dampak perceraian orang tua terhadap hasil belajar
siswa kelas III di SDN 24 CAKRANEGARA, dan apa saja faktor-faktor
pendukung dan penghambat hasil belajar siswa yang orang
tuanya bercerai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang lokasi
penelitiannya berada di SDN 24 CAKRANEGARA, yang sumber
data terdiri dari delapan siswa yang mengalami perceraian orang
tua. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah lakukan
menunjukkan tentang analisis dampak perceraian orang tua
terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 24 CAKRANEGARA. Siswa
yang mengalami perceraian orang tua tidak semuanya
menunjukan hal-hal negatif. Baginya perceraian orang tua
bukanlah hal yang dapat mempengaruhi hasil belajar siswa
rendah, tetapi juga bukan berarti anak tidak terpukul dengan
permasalahan keluarganya, justru ada beberapa siswa mampu
mengatasi masalah yang dihadapi menjadi sebuah pelajaran
berharga dan tidak ingin masa depannya seperti orang tuanya
yang berpisah. Bagi siswa yang mengalami hasil belajarnya
rendah mereka belum bisa mengendalikan emosinya dan
kurangnya dukungan dari dirinya sendiri maupun orang tuanya.

Published
2024-12-24
Section
Articles