Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tematik Muatan Terpadu IPA Kelas V Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Bantuan Media Video Youtube di SD Negeri 05 Palembang

  • Berlian Arista Putri Universitas Sriwijaya
Keywords: : Hasil Belajar, PBL (Problem Based Learning)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tematik muatan
terpadu IPA kelas V di SD Negeri 05 Palembang, hal ini dikarenakan pada saat melaksanakan
observasi awal terdapat 15 dari 21 peserta didik yang memiliki nilai IPA di bawah KKM.
Rendahnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh kurangnya motivasi belajar peserta didik
terhadap pembelajaran tematik khususnya pelajaran IPA, model pembelajaran yang kurang
inovatif, pembelajaran yang monoton dan tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik
serta kurang keterkaitannya antara materi pembelajaran dengan lingkungan dan kehidupan yang
nyata. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdapat empat
tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengmpulan data dan refelksi. Subjek
penelitian ini yaitu peserta didik kelas VB dengan jumlah 21 peserta didik terdiri dari 10 peserta
didik laki-laki dan 11 peserta didik perempuan. Objek penelitian yaitu hasil belajar tematik muatan
terpadu IPA dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan media
video dari youtube. Pada penelitian ini data dianalisis menggunakan statistic deskriptif dengan
model penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran prasiklus presentasi
ketuntasan peserta didik 28,57% yaitu sangat rendah dan di bawah KKM, setelah melaksanakan
siklus 1 nilai rata-rataa 57,61 presentasi ketuntasan peserta didik 42,85%, dan pada siklus ke II
terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata 75,71 dengan presentasi ketuntasan peserta didik
71,42%, dan pada siklus III hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang tinggi dengan
nilai rata-rata 79,52 dengan presentase kelulusan 90,42%. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dan media video dari
youtube, dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VB Tema 1 Organ Gerak Manusia
dan Hewan di SD Negeri 05 Palembang.
Kata Kunci: Hasil Belajar, PBL (Problem Based Learning)

Published
2024-12-24
Section
Articles