Systematic Literature Riview Pengaruh Video Animasi Terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar
Abstract
Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berpengaruh terhadap proses pembelajaran di satuan Pendidikan. Pengintegrasian TIK dalam kegiatan belajar mengajar memberikan dampak positif dalam mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu contoh penginetrasian TIK dalam pembelajaran adalah penggunaan media pembelajaran. Media merupakan salah satu komponen pembelajaran yang penting untuk membantu siswa dalam memahami pembelajaran, khususnya pada pembelajaran IPS yang berkaitan dengan mitigasi bencana. Mitigasi nencaa merupakan materi penting yang harus dipahami oleh peserta didik. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait mengenai penggunaan video animasi pada pembelajaran mitigasi bencana di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan meriview artikel yang berkaitan dengan media video animasi pada pembelajaran mitigasi bencana yang diterbitkan dalam kurun waktu 2018-2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa media video animasi pada pembelajaran mitigasi bencana layak digunakan karena dapat meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa.