Efektifitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) Selama Masa Pandemi Covid-19 Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) selama masa pandemi covid-19 pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa kelas V di SD Negeri 234 Inpres Takalar Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 234 Inpres Takalar Kota yang berjumlah 46 orang, dan sampelnya yaitu keseluruhan siswa kelas V SD Negeri 234 Inpres Takalar Kota yang berjumlah 46 orang. Sumber data digunakan adalah nilai raport siswa selama pembelajaran tatap muka terbatas. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tatap muka terbatas Efektif terhadap pembelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) siswa selama masa pandemi Covid-19 dimana nilai rata-rata siswa pada kelas V A yaitu 85 dengan jumlah siswa sebanyak 22 dengan mencapai presentase 95,45% siswa berada pada kategori tinggi, dan nilai rata-rata siwa pada kelas V B yaitu 87 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang siswa siswa dengan mencapai frekuensi 91,66% siswa berada pada kategori tinggi dan 8,33% siswa berada pada kategori sangat tinggi.