Analisis Problematika Pelaksanaan Merdeka Belajar Matematika

  • Fitria Nurulaeni PGSD, Universitas Nusa Putra
  • Aulia Rahma PGSD, Universitas Nusa Putra
Keywords: Problematika Belajar ; Merdeka Belajar ; Pembelajaran Matematika

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam kehidupan manusia untuk meningkatkan mutu dan taraf hidup masyarakat, menumbuhkan kesadaran berpikir praktis dan kritis dalam memecahkan masalah. Untuk menciptakan kondisi tersebut, matematika yang merupakan satu dari beberapa ilmu dasar yang kita pelajari mulai jenjang dasar sampai perguruan tinggi berperan dalam hal tersebut untuk menumbuhkan pola pikir praktis, mampu memecahkan masalah secara kritis, dan menunjang pemahaman studi-studi lain. Dalam prosesnya, terlepas dari berbagai revolusi pendidikan yang terjadi, matematika masih menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa dan sering dianggap sukar. Penelitian ini bertujuan memberikan analisis dan informasi tentang problem atau masalah pelaksanaan merdeka belajar dalan pembelajaran matematika. Metode kajian pustaka (literature review) digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui serangkaian pengumpulan data dari berbagai sumber seperti jurnal, buku, artikel ilmiah, dan sebagainya untuk menginformasikan atau menggambarkan suatu kejadian atau peristiwa yang terjadi. Berdasarkan berbagai data dan informasi yang peneliti telah peroleh melalui penelitian ini, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika perlu adanya kreatifitas dari guru dan penggunaan teknik serta metode yang tepat di mana dalam hal ini munculnya program Merdeka Belajar dapat membantu menciptakan pembelajaran khususnya pembelajaran matematika yang efektif.

Published
2022-07-31
Section
Articles