Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa Pada Matakuliah Teknik Penulisan Karya Ilmiah
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi secara jelas pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah Teknik penulisan karya ilmiah dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 Undikma Mataram dan sampel penelitian ini kelas E dan F. Kelas 30 orang dan kelas F berjumlah 28 orang. Instrumen pengumpulan data berupa tes tulis dan angket, kemudian data tersebut dianalisis melalui SPSS untuk uji normalitas data dan manual untuk uji homogenitas dan hipotesis. Hasil uji statistik ditemukan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,50 > 1,67 dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa dan siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap model inkuiri terbimbing dengan rata-rata persentase setuju 64,92 % dan sangat setuju 29,47 %. Hal ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing merupakan salah satu pembelajaran yang bagus dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran Teknik penulisan karya ilmiah dikarenakan mahasiswa dapat berperan aktif dan mengembangkan daya pikirnya.