Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Power Point 2010 Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam

  • Muhammad Risdamuddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk; pertama mengetahui perencanaan guru pendidikan agama Islam, dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis power point 2010 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di pondok pesantren Al-Madaniyah; kedua mengetahui pelaksanaan guru dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis power point 2010 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di pondok pesantren Al-Madaniyah. Ketiga mengetahui faktor penghambat dan pendukung guru dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis power point 2010 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di pondok pesantren Al-Madaniyah dan keempat mengetahui hasil yang dicapai peserta didik setelah mengimplementasikan media pembelajaran berbasis power point 2010 pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di pondok pesantren Al-Madaniyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dari orang-orang yang terlibat dalam tingkah laku alamiah, yaitu guru, siswa dan kepala Madrasah. Penentuan sumber informasi dalam penelitian ini berpegang pada empat parameter yaitu: konteks (suasana, keadaan, atau latar), perilaku, peristiwa dan proses. Hasil penelitian bahwa guru merumuskan tujuan belajar, mempersiapkan aplikasi power point, persiapan kelas dan evaluasi pembelajaran. Metode demonstrasi melalui metode pembelajaran berbasis multimedia adalah sarana atau media pembelajaran yang menyenangkan.

 

Published
2022-07-31
Section
Articles