Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Self-Directed Learning terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Cakranegara

  • Lalu Abdul Aziz PGSD Fakultas Pendidikan UNU NTB
  • Yuntawati Yuntawati Pendidikan Matematika FSTT UNDIKMA
Keywords: Self-Directed Learning;, keaktifan; hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Self-Directed Learning (SDL) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 24 Cakranegara. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan kelompok eksperimen yang menerapkan SDL dan kelompok kontrol dengan metode konvensional. Instrumen penelitian meliputi angket, dan tes hasil belajar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa model SDL secara signifikan meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dibandingkan metode konvensional. Siswa dalam kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rata skor yang lebih besar pada keaktifan dan hasil belajar dibandingkan siswa dalam kelompok kontrol. Model SDL mendorong kemandirian, motivasi, dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, sehingga lebih efektif untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Kesimpulannya, SDL merupakan pendekatan yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, dengan potensi untuk diterapkan secara luas dalam berbagai konteks pendidikan.

Published
2024-12-20
Section
Articles