PENERAPAN MODEL ROLE PLAY PADA KELAS V DALAM MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS PADA KELAS V SDN 1 MANGKUNG
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru daan aktivitas siswa, serta peningkatan kemampuan berbicara siswa setelah menerapkkan model role play kelas V SDN1 Mangkung.
Metode penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (ptk) subjek penelitian ini adalah siswa dan guru kelas V sedangkan objek penelitian ini adalah role play dan keterampilan berbicara bahasa inggris adapun teknik pengambilan data menggunakan observasi, angket, dan tes.
Hasil penelitian pada aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I memperoleh persentase 75, 29% dan siklus ii menjadi 87, 05%. Pada aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus i memperoleh persentase 70, 58% dan siklus ii menjadi 85, 88%. Kemampuan berbicara siswa pada siklus I memperoleh persentase 50% kategori kurang mengalami peningkatan pada siklus ii menjadi 87, 5% kategori baik sekali. Berdasarkan masalah yang telah dipaparkan, maka dapat dikatakan bahwa adanya Penerapan Model Role Play Dapat Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas V SDN I Mangkung.