Pengaruh Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Terhadap Pemahaman Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Bogak Praya Kabupaten Lombok Tengah
Abstract
Akhmad Muzakkir & Jamilah. 2024. Pengaruh Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Terhadap Pemahaman Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN Bogak Praya Kabupaten Lombok Tengah. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultaas Pendidikan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk; “Mengetahui pengaruh yang signifikan alat permainan edukatif ular tangga terhadap pemahaman belajar matematika siswa kelas V SDN Bogak Praya”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen, dengan desain penelitian non-equivalent, dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakn di SDN Bogak Praya Kabupaten Lombok Tengah. Teknik pengumpulan data pada penelitian berupa tes, angket, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis teknik statistik. Guna, mendapatkan keabsahan data dilakukan uji validitas instrumen dengan menggunakan validas konstrak (construck validity) dan validitas isi (content validity).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel x (APE Ular Tangga) terhadap variabel y (pemahaman belajar matematika siswa). Keberhasilan penelitian ini ditunjukkan dengan hasil Uji-T yakni nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima (alat permainan edukatif ular tangga berpengaruh signifikan terhadap pemahaman belajar matematika siswa kelas V SDN Bogak Praya).