Pengaruh Metode Symbol dan Metode Ficture And Ficture Terhadap Pemahaman Konsep Dasar dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Kelas II di Masa Pandemic Covid 19
Abstract
Metode ficture and ficture adalah metode pembelajaran gambar yang disajikan dalam bentuk visual, sedangkan metode syimbol adalah bagian tahap teori pembelajaran dari Burner yang mengajarkan konsep pembelajaran matematika melalui symbol. Prestasi belajar merupakan puncak kepuasaan yang dirasakan oleh setiap guru atas proses pembelajaran yang telah dilaksanakannya. Pencapaian prestasi belajar dalam bidang sikap (afektif), psikomotorik dan pengetahuan menjadi bagian terpenting dalam proses pembelajaran Metode penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD di dua sekolah yaitu SD green Islamic school dan Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Bermi dengan sampel keseluruhan sebanyak 33 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Berdasarkan hasil analisis data Pengaruh Metode Symbol dan Metode Ficture And Ficture terhadap pemahaman konsep dasar dan prestasi belajar Matematika siswa sekolah dasar kelas II di masa Pandemic Covid 19 menunjukkan hasil uji Manova terhadap dua sample independen diperoleh nilai Fhitung sebesar 34,476 dengan taraf nilai signifikansi sebesar 0,120 lebih besar dari 0,05.