Pengembangan Media Pembelajaran Papan Selip Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kosakata Keragaman Benda Untuk Anak Slow Learner Kelas II Sekolah Dasar

  • Rani Nurhidayah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Slow learner, Media Papan Selip Bergambar, Kemampuan membaca.

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran Papan Selip Bergambar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Kosakata keragaman benda untuk Anak Slow learner kelas 2 SD. Banyak siswa yang mengalami kelambatan belajar dan rendahnya kemampuan membaca menjadi latar belakang penelitian. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahapan pengembangan yaitu : Pendefinisian, Perancangan, Pengembangan dan Penyebaran. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 2 SDN 2 Urug, SDN 1 Urug, SDN 3 Setiamulya dan sampel yang di ambil dalam penelitian ini adalah kelas 2 SDN 2 Urug sebanyak 9 siswa. Teknik analisis data yang digunakan observasi, wawancara, angket dan tes. Hasil uji coba pengembangan melalui dua tahapan yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Dengan hasil uji coba kelompok kecil mencapai 94% dengan kriteria sangat layak, dan uji kelompok besar mencapai 91% dengan kriteria sangat layak. Media yang dikembangkan divalidasi oleh tim ahli. Hasil validasi ahli materi 100% dengan kriteria sangat layak, hasil validasi ahli media 96% dengan kriteria sangat layak dan hasil validasi ahli bahasa 96% dengan kriteria sangat layak. Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran papan selip bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa slowlearner.

 

Published
2023-12-25
Section
Articles