Pengaruh Metode Brainstorm Sheet terhadap Keterampilan Menuliskan Kembali Cerpen Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar

  • Mela Rahmayanti Putri Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Metode Pembelajaran, Brainstorm Sheet, Keterampilan Menuliskan Kembali Cerpen

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh metode brainstorm sheet terhadap keterampilan menuliskan kembali cerpen siswa kelas 6 SDN Condong. Rendahnya kemampuan siswa dalam memunculkan ide kreatifnya dalam menuliskan kembali cerpen menggunakan bahasanya sendiri menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum optimal sehingga belum mampuĀ  mengatasi permasalahan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas 6 di SDN Condong, dan sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian yaitu kelas 6 SDN Condong sebanyak 25 siswa. Tes yang digunakan adalah pretest dan posttest, teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan pada pretest dan posttest, dibuktikan dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sesuai kaidah pengambilan keputusan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya, metode brainstorm sheet berpengaruh terhadap keterampilan menuliskan kembali cerpen siswa kelas 6 SDN Condong. Kemudian, nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 85,83 sedangkan kelas kontrol sebesar 70,46. Terlihat ada perbedaan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode brainstorm sheet berpengaruh terhadap keterampilan menuliskan kembali cerpen siswa kelas 6 SDN Condong.

Published
2023-12-25
Section
Articles