Hubungan Verbal Bullying Dengan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

  • Eneng Sipa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Anggia Suci Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Verbal Bullying, Kecerdasan Interpersonal

Abstract

Kurangnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan seseorang untuk bertingkah laku yang menyimpang secara sosial. Akibat dari rendahnya kecerdasan interpersonal dapat menyebabkan anak melakukan verbal bullying. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi di kota Tasikmalaya tahun ajaran 2022/2023. Model penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelilitian korelasional, populasi penelitian yang diguanakan adalah seluruh siswa kelas tinggi di dua sekolah yang berada di kota Tasikmalaya yaitu SD Negeri 2 Gobras dan SD Muhammadiyah Tasikmalaya yang berjumlah 132 siswa dan sempel mengunakan simple Random Slampling  yaitu SD Muhammadiyah Tasikmlaya dengan jumlah 46 siswa. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hubungan Verbal Bullying dengan Kecerdasan interpersonal siswa mengunakan instrument kuesioner model skala Likret. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan anatara verbal bullying  dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas tinggi SD Muhammadiyah Tasikmalaya. Terbukti dari hasil analisis korelasi antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal diperoleh nilai korelasi -0,132. Ini berarti terdapat hubungan  negatif antara verbal bullying dengan kecerdasan interpersonal siswa. Maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi verbal bullying  maka semakin rendah pula kecerdasan interpersonal begitupun sebaliknya semakin rendah verbal bullying  maka akan semakin tinggi kecerdasan interpersonal

Published
2023-12-25
Section
Articles