Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Konsep Gamifikasi Detektif Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Perubahan Energi Kelas IV Sekolah Dasar

  • Dinar Makiyah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rahmat Permana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Budi Hendrawan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Model Project Based Learning, Hasil Belajar, Gamifikasi

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN 2 Benda, menunjukkan bahwa dalam proses pembelajarannya bersifat teacher centered (ceramah, penugasan, pengerjaan soal) sehingga hasil belajar siswa banyak yang dibawah rata-rata dilihat dari nilai PTS khususnya pada mata pelajaran IPA kelas IV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning berbantuan konsep gamifikasi detektif terhadap hasil belajar pada materi perubahan energi kelas IV di SDN 2 Benda. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV berjumlah 40 orang yang seluruhnya dijadikan sebagai sampel (sampel jenuh). Dengan kelas IV A sebagai kelas kontrol dan IV B sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian ini yaitu soal pretest dan posttest pilihan ganda.  Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji mann u whitney. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dari data penelitian diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji mann u whitney diperoleh Asym.Sig(2-tailed) 0,000<0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil uji statistik juga diperoleh Uhitung<Utabel maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model project based learning berbantuan konsep gamifikasi detektif berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi perubahan energi kelas IV di SDN 2 Benda.

Published
2023-12-25
Section
Articles