Pengembangan Media Pembelajaran NASEBA (Menara Segi Banyak) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Segi Banyak Kelas 4 Sekolah Dasar

  • Rysma Rysma Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Yopa Taufik Saleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran, Naseba, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui keefektifan media pembelajaran Naseba (Menara Segi Banyak) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segi banyak kelas 4 Sekolah Dasar. Tempat penelitian di SDN Condong dengan subjek kelas 4 Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis pengembangan Research and Development dengan tipe 4D. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) media Naseba layak digunakan dengan hasil validasi ahli media sebesar 94,29% (Sangat Layak), validasi ahli materi sebesar 81,54% (Sangat Layak) dan validasi ahli bahasa sebesar 93% (Sangat Layak). (2) Penilaian pada uji coba kelompok kecil mendapat skor rata-rata 90,83% (Sangat Layak) dan pada uji coba kelompok besar memperoleh skor rata-rata 91,04% (Sangat Layak). (3) Hasil dari uji efektivitas mendapatkan skor rata-rata 83,75% termasuk pada kategori “Efektif” sebagai media pembelajaran matematika di SDN Condong. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Naseba itu sangat layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segi banyak kelas 4 sekolah dasar.

Published
2023-12-25
Section
Articles