Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Gaple Orpedama Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran kartu gaple Orpedama terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri di Kecamatan Jatiwaras. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis penelitian menggunakan quasi experiment dengan nonequivalent control group design. Dalam desain ini populasi dibagi kedalam dua kelompok, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol merupakan kelompok yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional, sedangkan kelompok eksperimen merupakan kelompok yang diberi perlakuan dengan menggunakan media kartu gaple Orpedama. Populasi yang digunakan adalah siswa kelas 5 SDN Kersagalih Kecamatan Jatiwaras sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest dan data dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa media pembelajaran kartu gaple Orpedama memiliki pengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri di Kecamatan Jatiwaras. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol adalah 31 dan setelah diberikan perlakuan kemudian dilakukan posttest nilai rata-rata adalah 55. Sedangkan pada kelas eksperimen, nilai rata-rata pretest yang didapat adalah 35, kemudian setelah diberikan perlakuan dan diberikan posttest nilai rata-rata siswa yang didapat adalah 81. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan paired sample test pada program SPSS 25, hasil hipotesis yang didapat dengan nilai sig 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga penggunaan media pembelajaran kartu gaple Orpedama berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas 5 SD Negeri di Kecamatan Jatiwaras.