Pengaruh Motivasi dan Keaktifan Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Shilyatul Aulya Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Agustina Risqia Putri Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Niken Ayu Aulia Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fathiinatut Taqiyyah Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Motivasi Belajar, Keaktifan Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan keaktifan belajar siswa terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V SD N 2 Bulungkulon. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD N 2 Bulungkulon dengan jumlah sebanyak 18 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh dari populasi sebanyak 18 siswa dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar, angket keaktifan belajar, soal uraian kemampuan penalaran matematis, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganti. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar dan keaktifan belajar terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V SD N 2 Bulungkulon.

Published
2023-12-21
Section
Articles