Peran Guru Dalam Melaksanakan Bimbingan dan Konseling Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Pelaksanaan program layanan bimbingan konseling dilakukan oleh guru kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam melaksanakan layanan bimbingan konseling untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan naratif. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa program layanan bimbingan konseling oleh guru kelas sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Guru kelas berperan sebagai pendidik, konsultan dan teladan teladan. Kendala guru dalam melaksanakan bimbingan dan konseling yaitu kemampuan guru sebagai konselor masih rendah, pelaksanaan bimbingan dan konseling belum terorganisir. Solusi guru terkait kendala dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling yaitu meningkatkan kompetensi guru sebagai konselor, perbaikan pelaksanaan bimbingan dan konseling.