Peningkatan Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning
Abstract
Hasil belajar, motivasi dan keaktifan siswa yang rendah menjadi permasalah di masa pasca pandemik, sehingga diperlukan suatu solusi yang mampu membuat siswa aktif, memunculkan kekritisan berpikir, dan mengembangan kreatifitas siswa. pendekatan contextual teaching learning merupakan solusi yang tepat untuk digunakan dalam penelitian ini. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan kelas dengan menggunakan 2 siklus. Hasil penelitian yang didapatkan adalah terdapat peningkatan hasil belajar menggunakan pendekatan contextual teaching learning, dimana pada hasil belajar siswa meningkat dari 19% ke 100% yang dinyatakan lulus dari indikator keberhasilan yang peneliti tentukan. Hal ini didukung dengan peningkatan aktivitas guru dari skor 17 (cukup baik) ke skor 35 (sangat baik) dan peningkatan aktivitas siswa dari 53% (cukup aktif) ke 88% (sangat baik). Sehingga penggunaan pendekatan contextual teaching learning dapat dijadikan sebagai salah satu variasi pembelajaran tematik yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa.