Pengaruh Kecerdasan Interpersonal Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SDN 2 Gribig

  • Dinar Safitri Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Della Ayu Puspita Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Liftiya Ayu Lestari Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Filyas Aleansyah Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Interpersonal Intelligence; Learning Achievement; Mathematics

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan anak dalam memahami dan bekerja sama yang berdampak besar pada kemampuan pemecahan masalah siswa. Misalnya ketika siswa merasa bingung, mereka tidak malu bertanya kepada teman, guru, atau bahkan orang asing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VI SDN 2 Gribig. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan yaitu secara parsial tidak terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal terhadap prestasi belajar siswa kelas VI SDN 2 Gribig, hal ini dapat dilihat pada nilai   sebesar 0,837 yang lebih kecil dari  sebesar 1,720 dan nilai signifikansi sebesar yang artinya H0 diterima dan H1 ditolak, sehingga tidak ada pengaruh.

 

Published
2023-07-16
Section
Articles