Peran Kurikulum Merdeka Dalam meningkatkan harmonisasi antara masyarakat dan Sekolah

  • Ine Pebriyanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung
  • Arifin Ahmad Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung
  • Muhammad Dzaky Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung
  • Syifa Nur Fauziah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung
  • Rendi Rendi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung
  • Pia Puspitasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung
Keywords: kurikulum merdeka, harmonisasi, masyarakat, sekolah.

Abstract

Kurikulum Merdeka merupakan pendekatan pendidikan yang menekankan pada pemberdayaan siswa melalui pengembangan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang relevan dengan kehidupan yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kurikulum merdeka dalam meningkatkan harmonisasi antara masyarakat dan ssekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada responden melalui teknik purposive sampling.  Dengan jumlah responden 42 orang terdiri dari guru, orang tua siswa dan anggota masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka ini dapat mempengaruhi hubungan sekolah dan masyarakat menjadi lebih harmonis. Penelitian ini menunjukkan bahwa 92%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka ini dapat membawa pengaruh positif bagi hubungan sekolah dan masyarakat, Melalui kurikulum merdeka, sekolah dapat melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses pendidikan, memperkuat ikatan antara sekolah dan masyarakat. selain itu, Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya peran kurikulum merdeka dalam harmonisasi hubungan sekolah dan masyarakat.

Published
2023-07-16
Section
Articles