Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 di SD Negeri 3 Plajan Jepara

  • Aini Noor Khofifah Mahasiswa
  • Jessica Dhiya 'Ulhaq Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Dian Fatmasari Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Muhammad Sya'ban Zakiya Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Melinda Khoriyah. N Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Silvia Berliana Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Kemampuan berpikir kreatif; Hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kreatif terhadap hasil belajar siswa kelas 5. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis regresi pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Plajan Jepara.Untuk mengetahui kemampuan awal siswa peneliti melakukan angket soal untuk siwa kelas 5. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari penelitian di SD Negeri 3 Plajan Jepara dapat dikatakan bahwa kemampuan berpikir kreatif sangat efektif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siwa. Berdasarkan penelitian ini diharapkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD dapat ditingkatkan dengan pengaruh kemampuan berpikir kreatif, karena hasil verifikasi membuktikan Berdasarkan penelitian ini diharapkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SD dapat ditingkatkan dengan pengaruh kemampuan berpikir kreatif, karena hasil verifikasi membuktikan bahwa kemampuan berpikir kreatif menjadi faktor-faktor penentu  yang signifikan.

Published
2023-07-16
Section
Articles