Pengaruh Model Pembelajaran Problem Possing Terhadap Hasil Belajar Kongnitif Matematika Pada Siswa Kelas V SD 1 Gribig
Abstract
Pendidikan secara formal banyak berlangsung pada Lembaga pendidikan yaitu sekolah. Permasalahan matematika yang juga terdapat pada masalah keseharian yaitu tentang bangun ruang dan volume benda. Siswa sering kesulitan untuk memahami secara logis mengapa suatu rumus tersebut diterapkan. Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang digabungkan menjadi satu kesatuan yang utuh akan menciptakan suatu model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen pada penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian eksperimen ini menggunakan tes dalam bentuk tes tertulis. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan nilai pretest dan posttest dengan penerapan model pembelajaran problem possing. Berdasarkan uji normalitas menggunakan SPSS diperoleh hasil uji normalitas yaitu nilai pretest dengan nilai signifikansi 0,155 > 0,05 dan nilai posttest dengan nilai signifikansi 0,07 > 0,05. Dari kedua data tersebut nilai signifikansi α > 0,05 yang berarti data tersebut berditribusi normal. Uji paired sampel t-test digunakan untuk mengetahui hipotesis sebuah perlakuan atau percobaan. Hal tersebut berarti Ho ditolak dan menerima Ha. Uji paired t-test tersebut menujukkan bahwa nilai signifikansi α 0,000 < 0,05. Hal tersebut berarti Ho ditolak dan menerima Ha. Kesimpulan penerapan model pembelajaran problem possing memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa SD 1 Gribig.