Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas 3 SD 1 Sadang

  • Nela Fatikah Sari Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Lela Ayu Septyani Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Abdullah Fatkhi Fiddin Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Devina Dwi Astuti Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Motivasi; Kemandirian Belajar; Hasil belajar

Abstract

Kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa melibatkan kemampuan individu untuk bertanggung jawab secara mandiri sehingga memunculkan suatu dorongan untung mencapai sesuatu yang diharapkan yaitu hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas III SD 1 Sadang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linier berganda. Jenis penelitian ini dapat dilakukan ketika ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara variabel independen dengan variabel dependen. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemandirian belajar yang dimiliki seseorang tidak akan mempengaruhi motivasi belajarnya dalam mencapai suatu prestasi hasil belajar. Jadi dalam hal ini, kemandirian dan motivasi belajar secara bersama-sama, secara teori kuantitatif dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran matematika.

Published
2023-07-16
Section
Articles