Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 1 Sadang

  • Devi Oktavia Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nilam Cahya Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Adiatma Haris Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Kedisiplinan; Matematika; Prestasi

Abstract

Kedisiplinan belajar merupakan hal yang penting dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Sadang yang beralamat di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN 1 Sadang sebanyak 26 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu 26 siswa kelas IV SDN 1 Sadang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa variabel bebas kedisiplinan belajar hanya berpengaruh sebesar 0,4% terhadap variabel terikat prestasi belajar dan sisanya 99,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Published
2023-07-16
Section
Articles