Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V DI SD N 1 Sidorekso

  • Nadia Pramitasuri Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Nur Aini Rikhayana Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Cantik Marina Marlin Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Cynthia Carla Ika Santoso Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • Fitriyah Amaliyah Universitas Muria Kudus, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Kinerja guru, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kinerja guru dan motivasi belajar pada hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Sidorekso. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian regresi linear ganda, proses pengumpulan data diawali dengan menggunakan angket tertutup dan dokumentasi oleh siswa kelas V SDN 1 Sidorekso sebagai target penelitian yang memiliki populasi sebanyak 37 siswa dengan menggunakan sampel yang sama sebanyak 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan uji regresi linier ganda dan menggunakan beberapa uji persyaratan yaitu uji auto klasik yang berisi: uji normalitas, uji linearitas, uji kolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kinerja guru dan motivasi belajar tidak berpengaruh pada hasil belajar siswa.

Published
2023-07-16
Section
Articles