Pengaruh Media Smart Pocket dan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran PPKn Kelas IV SDN 2 Pengadilan

  • Ade Rahayu PGSD, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya
  • Yopa Taufik Saleh Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Rahmat Permana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran; Media Smart Pocket dan Kartu Soal; Hasil Belajar Peserta Didik

Abstract

Abstrak Penelitian ini pertujuan mengetahui pengaruh media smart pocket dan kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Pengadilan. Metode kuantitatif dipergunakan pada penelitian ini dan memanfaatkan Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Semua peserta didik kelas IV SDN 2 Pengadilan sejumlah 78 orang dijadikan populasi penelitian ini dengan sampel sejumlah 52 orang terdiri dari kelas IV A dan IV B. Data dikumpulkan melalui teknik berupa observasi, wawancara, dokumentasi, serta pemberian tes berupa pretest dan posttest. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian didapatkan adanya perbedaan rata-rata pretest-posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata pretest sejumlah 55,38 dan skor posttest sejumlah 72,12, sementara pada kelas kontrol diperoleh skor rata-rata pretest sejumlah 46,15 dan skor posttest sejumlah 62,69. Uji hipotesis dengan memanfaatkan rumus Paired Sample T-Test mendapatkan nilai sig (2-tailed) sejumlah 0,000 < 0,05, ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga didapatkan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh penggunaan media smart pocket dan kartu soal terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran PPKn kelas IV SDN 2 Pengadilan.

Kata Kunci : Media Pembelajaran; Media Smart Pocket dan Kartu Soal; Hasil Belajar Peserta Didik

Published
2023-07-16
Section
Articles