Peningkatan Kemampuan Literasi Dasar Membaca Peserta Didik dengan Metode ADaBta melalui Pendekatan TaRL di Kelas II Sekolah Dasar

  • Saufha Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Neneng Sri Wulan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ida Sumiati Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Metode ADaBta, Pendekatan TaRL, Literasi Dasar Membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dasar membaca pada peserta didik kelas 2 dengan menggunakan metode ADaBta (Amati, Dengarkan, Baca dan certakan) melalui pendekatan pembelajaran TaRL (Teaching at The Right Level) sesuai dengan capaian masing-masing peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan kelas (PTK) yang menggunakan model Kemmis dan Taggart. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan pada siswa kelas 2B SDN 195 Isola menggunakan metode dan pendekatan tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi dasar membaca peserta didik mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan adanya kenaikan persentase level cerita dari semula 24% menjadi 33%, kemudian level kata dan paragraf mengalami penurunan dari 52% menjadi 43%, karena peserta didik mengalami kenaikan level dari level membaca kata dan paragraf ke level membaca cerita. Sedangkan level pemula dan huruf belum mengalami peningkatan yaitu sebesar 24%. Dari hasil penelitian ini maka direkomendasikan bahwa guru harus melakukan identifikasi menyeluruh terhadap peserta didik dan menerapkan pembelajaran yang berpihak pada kebutuhan peserta didik sebagaimana filosofi pendidikan yang diutarakan Ki Hajar Dewantara bahwasanya pendidikan harus sesuai dengan kodrat dan zaman peserta didik,salah satunya dengan menerapkan pembelajaran melalui pendekatan TaRL.

Published
2023-07-14
Section
Articles