Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Menghitung Volume Menggunakan Benda Kongkret

  • Loren Yara Fransisca Universitas Pendidikan Indonesia
  • Kurniasih Kurniasih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Titi Saryati SDN 178 Gegerkalong KPAD, Bandung
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini memfokuskan pada peneliatian di dalam kelas di tingkat pendidikan sekolah dasar. Masalah yang diangkat yaitu tentang penerapan model PBL pada mata pelajaran matematika di SDN 178 Gegeralong KPAD Bandung. Tujuan dari penelitian ini Untuk menjelaskan proses penerapan Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematikan materi menghitung luas dan volume menggunakan benda konkret pada siswa kelas III dan Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematikan materi menghitung luas dan volume menggunakan benda konkret pada siswa kelas III . Metode pengumpulan data berupa metode wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa khusunya di bidang matematika materi menghitung volume menggunakan benda kongkret.

Published
2023-07-14
Section
Articles