Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Siklar Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Pengetahuan IPA Siswa Kelas 5 SD Di Kecamatan Sodonghilir

  • Rahmayanti Ningsih Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • M. Fahmi Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
  • Meiliana Nurfitriani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya, Tasikmalaya, Indonesia
Keywords: Media Pembelajaran SIKLAR, Articulate Storyline, Hasil Peningkatan Pengetahuan

Abstract

Media pembelajaran di sekolah kecamatan sodonghilir ada beberapa kendala yaitu minimnya dalam mengembangkan media pembelajaran dan kendala dalam menyampaikan materi IPA khususnya pada materi siklus air sehingga nilai yang diraih oleh siswa masih dibawah KKM yaitu mencapai nilai rata-rata  75 serta kurangnya pengetahuan IPA dan keterbatasan waktu dalam menyampaikan materi tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif SIKLAR berbasis articulate storyline untuk meningkatkan pengetahuan IPA dan keefektifan media tersebut. Lokasi yang digunakan untuk penelitian ujicoba kelompok kecil dan kelompok besar di SDN II Cukangkawung dan SDN Karanggedang serta ujicoba lapangan utama terdapat di SDN I Cukangkawung. Metode yang digunakan untuk penetian ini adalah RnD (Research and Development) dengan desain penelitian yang dikemukakan oleh Brog and Gall yaitu 10 tahapan. Hasil penelitian uji efektivitas yang dilakukan di SDN I Cukangkawung dengan jumlah siswa sebanyak 40 siswa dengan hasil skor N-Gain dikelas eksperimen 0.77 atau 77% dengan kategori efektif, skor terkecil 0.50 atau 50% serta skor terbesar 1 atau 100%. Hasil skor N-Gain dikelas kontrol yaitu sebsar 0.36 atau 36% dengan kategori tidak efektif skor terkecil -1.25 atau -125% serta skor terbesar 1 atau 100%. Maka dapat disimpulkan bahawa media pembelajaran interaktif SIKLAR berbasis articulate storyline efektif digunakan dan dapat meningkatkan pengetahuan IPA siswa kelas 5 SD di kecamatan sodonghilir.

Published
2023-07-13
Section
Articles