Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Matematika Kelas V
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi operasi hitung akar pangkat tiga di kelas V SDN 178 Gegerkalong KPAD Kota Bandung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas V-C SDN 178 Gegerkalong KPAD tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase ketuntasan belajar peserta didik berada pada kategori baik dimana pada siklus 1 persentase ketuntasan belajar adalah 39% dengan nilai rata-rata 68,8 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 75% dengan nilai rata-rata 80,8. Berdasarkan hasil penelitian dapat didisimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika.