Efektivitas Model Evaluasi CIPP Pada Program Pelatihan Komputer Di LPK Teknoss Ciruas Serang Banten

  • Muhammad Iqbalsyah Untirta
  • Novan Ramadani Agia Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
  • Aristu Anan Rizki Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
Keywords: Pendidikan Non Formal; Evaluasi; CIPP; Pelatihan Komputer

Abstract

LPK Teknoss merupakan lembaga pendidikan non formal yang mengadakan program pelatihan untuk warga belajar yang ingin memiliki keahlian dibidang komputer. Kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan mengoperasikan komputer seperti mengetik, menggunakan aplikasi-aplikasi administrasi seperti microsoft merupakan salah satu program kecakapan hidup yang diselenggarakan oleh LPK Teknoss. Kegiatan evaluasi ini dilakukan untuk mengevaluasi program secara menyeluruh terhadap program pelatihan komputer di LPK Teknoss dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Evaluasi ini menggunakan studi deskriptif evaluative dengan pendekatan kualitatif. Metode evaluasi kualitatif digunakan untuk mengevaluasi pada kondisi objek alamiah, dimana evaluator merupakan instrumen kunci. Model CIPP (Context, Input, Process and Product) merupakan kerangka yang komprehensif untuk mengarahkan pelaksanaan evaluasi formatif dan evaluasi sumatif terhadap objek program, proyek, personalia, produk, institusi, dan sistem. Hasil dari evaluasi ini adalah analisis kebutuhan pada program pelatihan komputer di LPK Teknoss sudah sesuai dengan standard yang ditentukan, tujuan dan sasaran program sudah sesuai dengan perencanaan program. Kurikulum program pelatihan komputer di LKP Teknoss sudah sesuai dengan standar ideal kurikulum, instruktur yang mengajar mempunyai latar belakang pendidikan yang kurang sesuai dengan jurusan pelatihan yaitu komputer.

 

 

Published
2023-07-13
Section
Articles