Mengevaluasi Proses Pembelajaran Dengan Metode Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di PAUD

  • Alya Rachma Assyifa
  • Diva Safitri UNTIRTA
  • Shabrina Aulia Septiani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
  • Wanda Yusriyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
  • M. Ganiadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Student Centered Learning, Hasil Belajar

Abstract

Evaluasi pembelajaran dilakukan untuk mengetahui tingkat keberhasilan dan kelemahan peserta didik dalam suatu proses pembelajaran agar mencapai tujuan pendidikan. Dalam mengevaluasi dibutuhkan metode belajar yang sesuai dengan kurikulum yang dipakai, dalam kurikulum PAUD yaitu K-13 menekankan bahwa dalam proses pembelajaran peserta didik harus memliki kompetensi dan keterampilan sehingga metode pembelajaran yang digunakan sekarang tersebut berpusat pada siswa. Dengan metode Student Centered Learning ini evaluasi tersebut dapat mendorong peserta didik nya lebih giat belajar secara terus menerus karena pada proses pembelajaran siswa mampu menjadi peserta didik yang aktif dan mandiri dalam proses pembelajarannya, bertanggung jawab dan memiliki inisiatif untuk mengenali kebutuhan belajarnya, serta menemukan sumber informasi untuk menjawab pertanyaan yang diajukan pendidik secara kritis sehingga menjadikan proses pembelajaran tersebut memperoleh peningkatan hasil belajar.

Published
2023-07-13
Section
Articles