Manajemen Program Pendidikan Kesetaraan Paket A di PKBM Janji Baik

  • Della Permata pembuat jurnal
  • Nurul Yasmin Damayanti Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
  • Ika Rohmawati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
  • Fachrurozi Fachrurozi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
  • Moch. Ganiadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Ciwaru Raya, Serang, Indonesia
Keywords: PKBM Janji Baik ; Manajemen ; Evaluasi ; Pembelajaran

Abstract

PKBM Janji Baik merupakan lembaga pendidikan nonformal yang bertujuan untuk memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan formal. PKBM Janji Baik telah beroperasi selama 1 tahun dan telah melayani banyak peserta didik dari berbagai latar belakang dan usia. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran dan pelayanan, PKBM Janji Baik perlu dilakukan supervisi dan monitoring secara rutin. Supervisi dan monitoring diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai kinerja lembaga dan memberikan masukan-masukan yang berguna dalam meningkatkan kualitas layanan dan pembelajaran yang diberikan.

Teknik analisis data menggunakan penelitian penelitian kualitatif, dengan maksud agar memperoleh gambaran secara mendalam mengenai manajemen program pendidikan kesetaraan paket A di pkbm janji baik. Pengambilan informan menggunakan teknik purposive sampling, dan menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan pemanfaatan dokumen.

Hasil penelitian meunjukan bahwa 1). perencanaan proses pembelajarannya meggunaan RPP harian dan modul yang dibetuk oleh canvas think janji baik. 2). Pelaksanaan aktivitas pembelajarannya dilakukan dua kali dalam seminggu setiap hari sabtu dan minggu melalui online dengan menggunakan zoom. 3). Pencapaian indikator ini menggunakan KKM Minimal nilai 65 pada PKBM Janji Baik. 4). Tenaga pengajar dan pengelola pada PKBM. ini sekitar 60% dikelola oleh lulusan PNF/PLS. 5). Anggaran biaya administrasi di PKBM Janji Baik tidak dipungut biaya

 Kata Kunci (PKBM Janji Baik, Manajemen, Evaluasi, Pembelajaran)

Published
2023-07-10
Section
Articles