Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa

  • Wafiq Rahmasari Universitas Perjuangan
  • Yus Darusman Universitas Perjuangan
  • Hatma Heris Mahendra Universitas Perjuangan
Keywords: tingkat pendidikan, perhatian, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa di SDN 2 Setiamulya Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 2 Setiamulya dengan menggunakan sampel sebanyak 182 siswa yang dipilih secara acak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada orang tua siswa dan dokumen hasil belajar siswa dari masing-masing guru kelas. Analisis data dengan metode statistik deskriptif, koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang didapatkan adalah: (1) Terdapat pengaruh signifikan antara tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 11,6% yang dibuktikan dengan t hitung > t tabel yaitu 4,361 > 1,973 serta nilai signifikan pada uji t yang didapatkan yaitu 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh signifikan atara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 4,4% yang dibuktikan oleh nilai t hitung > t tabel yaitu 1,999 > 1,973 serta nilai signifikan pada uji t yang didapatkan yaitu 0,047 < 005. (3) Terdapat pengaruh secara bersama-sama antara tingkat pendidikan dan perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa sebesar 13,6% yang dibuktikan oleh nilai f hitung > f tabel yaitu 14,062 > 3,05 serta niai signifikan yang didapatkan pada uji f yaitu 0,000 < 0,05.

Published
2023-07-10
Section
Articles