Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Group Investigation(GI) Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitiann ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan model group investigation(GI). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan prosedur penelitian perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model group investigation(GI) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS pada materi karakteristik ruang dan pemanfaatan sumber daya alam. Persentase kenaikan keaktifan siswa pada siklus I sebesar 58,08% dengan kategori “cukup baik” dan untuk siklus II sebesar 85,41% dengan kategori “sangat baik”. Peningkatan hasul belajar untuk persentase jumlah siswa pada siklus I yaitu sebesar 52,08% (25 siswa), dan pada siklus II meningkat menjadi 81,25% (39 siswa) dari 48 siswa.