Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Whole Brain Teaching Pada Pembelajaran PPKn SD
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn materi keberagaman karakteristik individu kelas IV SDN Guha, dari jumlah 27 siswa hanya 10 siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik (37,07%) dan 17 siswa (62,96%) memiliki motivasi belajar dalam kategori rendah. Alternatif penyelesaian masalah dengan menerapkan model pembelajaran whole brain teaching pada pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran whole brain teaching pada pembelajaran PPKN materi keberagaman karakteristik individu. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian siswa kelas IV SDN Guha dengan jumlah siswa 27 siswa 16 laki-laki dan 11 orang perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran whole brain teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran PPKn materi keberagaman karakteristik individu pada siswa kelas IV SDN Guha. Dari hasil penelitian pada siklus I terdapat 17 siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik (62,96%) dan 10 siswa memiliki motivasi belajar dalam kategori rendah. Siklus II terdapat 24 siswa (88,88%) memiliki motivasi belajar dalam kategori baik dan 3 siswa (11,11%) memiliki motivasi belajar dalam kategori rendah. Dengan demikian model pembelajaran whole brain teaching mampu meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PPKn di SD Guha.