Penerapan Model Pembelajaran Open Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Kelas I Sekolah Dasar

  • Novi Sutia Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Riza Fatimah Zahrah Universitas Perjuangan Tasikmalaya
  • Winarti Dwi Febriani Universitas Perjuangan Tasikmalaya
Keywords: Model open ended, pemahaman konsep matematis, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika materi mengurutkan bilangan  kelas 1 SDN 2 Setiamulya. Sebagai alternatif penyelesaian masalah dilakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran open ended pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belajar dengan menerapkan model pembelajaran open ended pada pelajaran matematika materi mengurutkan bilangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek peneltian siswa kelas 1 SDN 2 Setiamulya. Berdasarkan hasil penerapan model pembelajaran open ended pada proses pembelajaran diperoleh kesimpulan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran open ended dapat meningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas I SDN 2 Setiamulya. Hal ini dapat dilihat dari presentase siswa tuntas pemahaman konsep matematis siswa meningkat dari siklus I ke siklus II dengan rata-rata 70,17 mencapai ketuntasan 52,64% dan tergolong kategori rendah. Pada siklus II rata-rata 85,19 dengan kategori tingkat keberhasilan belajar tinggi dengan ketuntasan belajar mencapai 84,22%. Total peningkatan dari prasiklus ke siklus II sebanyak 63,16%. Model pembelajaran open ended direkomendasikan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa pada mata pelajaran matematika materi mengurutkan bilangan kelas I.

Published
2023-06-30
Section
Articles