Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Abstract
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bimbingan belajar terhadap prestasi belajar siswa dan bertujuan untuk menyadarkan para guru seberapa penting sebuah bimbingan dalam proses pembelajaran. Metode yang kami gunakan yaitu metode deskripsi kualitatif dengan metode pengumpulan data yang kami gunakan yaitu metode studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan belajar membawa pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa tidak hanya pada prestasi belajarnya saja namun bimbingan belajar ini dapat membantu siswa dalam mengatasi kesulitan-kesulitan yang dimiliki oleh siswa tersebut. Dari hasil penelitian tersebut jelas bahwa bimbingan belajar sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dan memang sudah seharusnya kegiatan bimbingan belajar ini dilaksanakan dalam proses pendidikan, karena hal tersebut juga dapat membantu dalam mencapai tujuan dari pendidikan itu sendiri.
Kata Kunci : bimbingan, Belajar, Prestasi, siswa.
Abstract :
This study aims to determine how much influence tutoring has on student achievement and aims to make teachers aware of how important guidance is in the learning process. The method we use is a qualitative description method with the data collection method we use, namely the literature study method. The results of the study indicate that tutoring has a positive effect on student achievement not only on learning achievement but this tutoring can assist students in overcoming the difficulties that these students have. From the results of these studies it is clear that tutoring is very influential on student achievement and it is true that tutoring activities should be carried out in the educational process, because it can also help in achieving the goals of education itself.
Keywords: guidance, learning, achievement, students.