Keterampilan Membaca Permulaan melalui Metode Kupas Rangkai Suku Kata pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah Perbaikan dan atau peningkatan praktek pembelajaran ( isi masukan, proses dan hasil), Menumbuhkembangkan budaya meneliti para dosen dan guru agar lebih proaktif mencari solusi terhadap masalah pembelajarqan. Dan dasar utama penelitian ini adalah untuk perbaikan, yang harus dimaknai dalam konteks proses belajar khususnya, implementasi program sekolah umumnya, dengan sudut tinjauan yang lebih dititikberatkan pada sisi pengembangan staff. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara yang telah di validasi oleh ahli. Teknis analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara tersebut dan solusi dari permasalan tersebut yaitu membaca dengan metode kupas rangkai suku kata.Hasil penelitian ini menunjukkan Berdasarkan hasil wawancara tersebut dan solusi dari permasalan tersebut yaitu membaca dengan metode kupas rangkai suku kata. Pentingnya metode suku kata ini memiliki langkah-langkah pembelajaran membaca permulaan dengan metode suku kata adalah tahap pertama, pengenalan suku-suku kata; tahap kedua, perangkaian suku-suku kata; tahap ketiga, perangkaian kata menjadi kelompok kata atau kalimat sederhana; tahap keempat, pengintegrasian kegiatan perangkaian dan pengupasan suku-suku kata. Keuntungan dari metode suku kata dalam membantu anak dalam membaca permulaan, antara lain dalam membaca tidak ada mengeja huruf demi huruf sehingga mempercepat proses penguasaan kemampuan membaca permulaan, belajar mengenal huruf dengan mengupas atau merangkai suku kata yang dipergunakan dalam unsur-unsur hurufnya, dan tidak memakan waktu yang lama