PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA KELAS XII MA MU’ALLIMAT NW PANCOR

  • Johari Marjan Universitas Nahdlatul Ulama NTB
Keywords: Pendekatan Saintifik, Bahan Ajar, Geometri

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan/research and development (R&D). Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE, yaitu analysis, design, develop, implement dan evaluate.yang dipadukan menurut langkah-langkah penelitian pengembangan yang direkomendasikan oleh Borg dan Gall. Pengujian kualitas media pembelajaran ini dilakukan oleh ahli media, ahli materi, guru dan siswa. Uji efektifitas produk dilakukan di MA Mu’allimat NW Pancor dilakukan kelas XII IPA 1. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non-tes (angket). Instrumen pengumpulan data dengan soal tes dan penyebaran angket. Teknik analisis data hasil tes menggunakan chi kuadrat, dan uji t statistik, sedangkan teknik analisis data hasil penyebaran angket dilakukan dengan tabulasi data dari masing-masing validator, dan menghitung skor rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas bahan ajar berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi, guru, termasuk ke dalam kriteria layak dan berdasarkan dari respon siswa termasuk dalam kategori sangat bagus. Hasil dari uji coba menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis pendekatan saintifik  efektif pada materi dimensi tiga dengan Karena t hitung =4,593  t tabel =2,045 sehingga disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar matematika berbasis pendekatan saintifik efektif pada materi pokok dimensi tiga.

Published
2022-02-24
Section
Articles