Mukminah, hadi wijaya, Nur Aini Analisis Kualitas Pembelajran IPS Melalui Pembelajaran Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Penujak Tahun Pelajaran 2020/2021

Analisis, Kualitas, Pembelajaran, Luring, Pandemi Covid-19

  • Mukminah Mukminah
Keywords: Analisis, Kualitas, Pembelajaran, Luring, Pandemi Covid-19

Abstract

Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar merupakan mata pelajaran yang berdiri sendiri sebagai integrasi dari sejumlah konsep disiplin ilmu sosial, humaniora, sains bahkan berbagai isu dan masalah sosial kehidupan. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS yang identik dengan konsep disiplin ilmu sosial dan humaniora, pelaksanaan proses pembelajaran yang inovatif, kreatif dan profesional terus harus ditingkatkan agar kualitas pembelajaran IPS dapat mencapai hasil yang maksimal. Tujuan penelitian: untuk mengetahui kualitas dan faktor penghambat pembelajaran IPS pada pembelajaran luring di masa pandemi Covid-19 di kelas V Sekolah Dasar Negeri 3 Penujak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu berkaitan dengan analisis kualitas pembelajaran IPS melalui pembelajaran Luring pada masa pandemi Covid-19. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas V SD Negeri 3 Penujak. Teknik penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, display data dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran IPS yang dilaksanakan secara luring yaitu dengan melaksanakan proses pembelajaran dengan tatap muka terbatas dan mengikuti aturan protocol kesehatan belum maksimal. Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh sekolah di masa pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPS adalah melaksanakan whorkshop pembelajaran, menyusun jadwal terbatas, menyusun RPP, menyusun metode pembelajaran luring (luring method), melakasanakan pembelajaran melalui penugasan, menggunakan sumber belajar dan menyusun evaluasi pembelajaran selama Covid-19. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu dalam membimbing, mendidik dan mengajar siswa, penggunaan strategi dan media pembelajaran yang belum maksimal, keterbatasan waktu dalam mengimplementasikan media pembelajaran, siswa tidak bisa belajar maksimal dengan teman-teman kelas dengan aktif dan komunikatif, Intraksi guru dengan peserta terbatas dan kurangnya dukungan dari wali murid terkait proses pembelajaran di rumah.

Published
2022-02-24
Section
Articles