PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 1B PADA MATERI BILANGAN CACAH, PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI MI QUBBATUL ISLAM CAKRANEGARA

  • Dinda Afrianza Universitas Islam Negeri Mataram
  • Putri Oktavia Ningsih Universitas Islam Negeri Mataram
  • Baiq Liana Fitri Universitas Islam Negeri Mataram
  • Djuita Hidayati Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Realistic mathematics approach, Addition and subtraction of whole numbers

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas, hasil belajar, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada materi bilangan cacah. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 1B MI Qubbatul Islam Cakranegara dengan jumlah peserta didik 25 orang dengan jumlah laki-laki 11 orang dan perempuan 14 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Melalui yang dihasilkan dari penelitian ini bahwa melibatkan pendekatan matematika realistik sangat dibutuhkan untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik dan memiliki peran penting pada aktifitas, hasil belajar, dan respon peserta didik terhadap pembelajaran agar pembelajaran yang diharapkan dapat berjalan dengan lancar.

References

Adesta, A. B. (2022). PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP PECAHANKELAS IVMI HIDAYATUL ISLAMIYAH BANDAR LAMPUNG (Vol. 9). Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ana, M., & Ndole, T. (2021). Efektivitas Penilaian Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 Sdk Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 82–91. https://doi.org/10.37478/jupika.v4i1.903

AYU, D. I. K. (2023). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 2 TATAKARYA LAMPUNG UTARA. In Unicersitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (Vol. 13, Issue 1).

Bilo, D. T. (2020). Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen. Phronesis Jurnal Teologi Dan Misi, 3(1), 1–22. https://doi.org/10.47457/phr.v3i1.46

Chairudin, M., Nurhanifah, N., Yustianingsih, T., Aidah, Z., Atoillah, A., & Sofian Hadi, M. (2023). Studi Literatur Pemanfaatan Aplikasi ASSEMBLR EDU Sebagai Media Pembelajaran Matematika Jenjang SMP/MTS. Communnity Development Journal, 4(2), 1312–1318. https://id.edu.assemblrworld.com/

Hafriani, H. (2021). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA SISWA BERDASARKAN NCTM MELALUI TUGAS TERSTRUKTUR DENGAN MENGGUNAKAN ICT (Developing The Basic Abilities of Mathematics Students Based on NCTM Through Structured Tasks Using ICT). JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 22(1), 63. https://doi.org/10.22373/jid.v22i1.7974

Istiqomah, I., & Widiyono, A. (2023). Implementasi Pendekatan Realistic Mathematics Education di Sekolah Dasar (Studi Literatur). Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1824–1831. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.436

Puspitaningtyas, A. R. (2020). Pkm Pelatihan Pembuatan Media Audio Visual Pada Guru Paud Inklusi Untuk Siswa Down Syndrome Di Kecamatan Situbondo. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 112. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i1.566

Rahmadita, A. A., Ningrum, S., & Kowiyah, K. (2024). Strategi Menangani Kesulitan pada Metode Pembelajaran Matematika Materi Bilangan Bulat dan Pengukuran Siswa Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 8. https://doi.org/10.47134/ppm.v1i2.306

Ratna Wati, E. D. (2020). Keefektifan Model Realistic Mathematics Education Berbantuan Media Dakon Terhadap Hasil Belajar Perkalian. Joyful Learning Journal, 9(1), 1–5. https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39114

Suciyanti, N., Maulidina, N., Permata Sari, Y., & Diah Utami, F. (2024). Matematika Realistik Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Pembagian di Sekolah Dasar melalui Pemainan Congklak. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 651-658. Copyright: Novia Suciyanti, Najwa Maulidina, Yuniar Permata Sari. Faiza Diah Utami, & Anastasya, 80, 651–658.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sutarni, S. (2024). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Berdasarkan Newman’s Error Analysis. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 09(September), 221–232.

Wulandari, T. (2024). Pemanfaatan Aplikasi Photomath pada Pembelajaran Matematika: Systematic Literature Review. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 1(3), 332–339. https://doi.org/10.32672/mister.v1i3.1549

Yudhiyantoro & Juliansyah. (2022). Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume. 2, Nomor. 1, Agustus 2022. Al-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–15.

Published
2024-12-25
How to Cite
Afrianza, D., Oktavia Ningsih, P., Liana Fitri, B., & Hidayati, D. (2024). PENGGUNAAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS 1B PADA MATERI BILANGAN CACAH, PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI MI QUBBATUL ISLAM CAKRANEGARA. Jurnal Inen Paer (JIP), 2(1), 206-217. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/jip/article/view/953

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.