Jurnal Inen Paer (JIP) https://unu-ntb.e-journal.id/jip <p><span class="value">Jurnal Inen Paer terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Inen Paer diterbitkan oleh pusat studi kebudayaan Universitas Nahdlatul Ulama Nusa Tenggara Barat. Jurnal ini memuat kajian-kajian sosiologi, antropologi, kebudayaan, pendidikan, ekonomi, agama, arkeologi, sastra, dan politik. Jurnal ini bisa diakses secara terbuka yang berarti bahwa semua konten yang tersedia bebas diakses tanpa biaya, baik kepada pengguna atau pada lembaganya. Pengguna yang diizinkan untuk membaca, mendownload, menyalin, mendistribusikan, mencetak, mencari, atau mensitasi ke teks lengkap dari artikel tidak harus meminta izin terlebih dahulu dari penerbit atau penulis. </span></p> en-US <p>Jurnal Inenp Paer akan menerbitkan naskah yang sudah direview dan atau diproses secara ketat.</p> ahmadfauzan81ak@gmail.com (Ahmad Fauzan, S.Th.I., M.A) ahmadfauzan81ak@gmail.com (Ahmad Fauzan, S.Th.I., M.A) Wed, 06 Nov 2024 15:48:21 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA https://unu-ntb.e-journal.id/jip/article/view/936 <p>Matematika merupakan mata pelajaran penting bagi siswa sekolah dasar, namun sering dianggap sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di MIN 1 Kota Mataram. PMR menggunakan konteks dunia nyata dan masalah kontekstual untuk membuat pembelajaran lebih bermakna. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistic &nbsp;berperan penting dalam meningkatkan minat siswa, secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dari 65% menjadi 90%. Siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar matematika, serta menunjukkan peningkatan dalam indikator minat belajar seperti perasaan senang, pemusatan perhatian, dan keterlibatan aktif. Dengan demikian, PMR terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan relevan, serta dianjurkan untuk diterapkan dalam pendidikan matematika guna meningkatkan pemahaman dan kecintaan siswa terhadap mata pelajaran ini</p> Annisa Yunita Rizqi, Dinda Putri, Ilmia Izzatul Isma, Djuita Hidayati ##submission.copyrightStatement## https://unu-ntb.e-journal.id/jip/article/view/936 Wed, 06 Nov 2024 00:00:00 +0000