PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA

  • Annisa Yunita Rizqi Universitas Islam Negeri Mataram
  • Dinda Putri Universitas Islam Negeri Mataram
  • Ilmia Izzatul Isma Universitas Islam Negeri Mataram
  • Djuita Hidayati Universitas Islam Negeri Mataram
Keywords: Pendidikan Matematika, Realistik, Meningkatkan Minat Belajar, Siswa

Abstract

Matematika merupakan mata pelajaran penting bagi siswa sekolah dasar, namun sering dianggap sulit dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas I di MIN 1 Kota Mataram. PMR menggunakan konteks dunia nyata dan masalah kontekstual untuk membuat pembelajaran lebih bermakna. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan matematika realistic  berperan penting dalam meningkatkan minat siswa, secara signifikan meningkatkan minat belajar siswa dari 65% menjadi 90%. Siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam belajar matematika, serta menunjukkan peningkatan dalam indikator minat belajar seperti perasaan senang, pemusatan perhatian, dan keterlibatan aktif. Dengan demikian, PMR terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan relevan, serta dianjurkan untuk diterapkan dalam pendidikan matematika guna meningkatkan pemahaman dan kecintaan siswa terhadap mata pelajaran ini

References

Apriyani, Rani, Ugi Nugraha, and Ely Yuliawan. "Minat Siswa Teradap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas X SMA Negeri 12 Kota Jambi pada Masa New Normal." Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training) 6.1 (2022).
Simbolon, N. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2), 14 -19.
Sudrajat, Akhmad. "Pengertian pendekatan, strategi, metode, teknik, taktik, dan model pembelajaran." Online)(http://smacepiring. wordpress. com) (2008): 1-6.
Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 51.
Published
2024-11-06
How to Cite
Rizqi, A. Y., Putri, D., Isma, I. I., & Hidayati, D. (2024). PERAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK DALAM MENINGKATAKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Jurnal Inen Paer (JIP), 2(1), 159-165. Retrieved from https://unu-ntb.e-journal.id/jip/article/view/936

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.