PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI UPAYA UNTUK MEWUJUDKAN PERUBAHAN DI SEKOLAH (Nilai-Nilai Kepemimpinan Perubahan di Sekolah)
bahasa indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kepemimpinan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Prambon, Nganjuk. Metode yang digunakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek kepala Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Prambon, Nganjuk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Perubahan disekolah yang dapat dilakukan oleh seluruh warga sekolah guna meningkatkan mutu sekolahnya. Banyak sekali program dan kegiatan perbaikan di sekolah yang dapat direncanakan, dikendalikan, dilaksanakan, serta dievaluasi secara berkesinambungan. perubahan sekolah dikatakan berhasil apabila perubahan itu menginternalisasikan orang-orang disekolah. Oleh karena itu, perubahan disekolah membutuhkan peran kepala sekolah sebagai katalisator, pencipta, fasilitator, dan stabilazator.
References
Abidin, Z. (2021). Pengaruh Kepemimpinanautentik Terhadapkinerja Guru Smp Man Ana Kecamatan Pamijahan Bogor. Reslaj, 03, 199-205.
Ajmain. (2019). Peran Guru Dan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Siswa Di Sma. Socia, 16, 109-123.
Andrian, D. E. (2008). Peran Kepala Sekolah Dalam Upaya Mewujudkan Perubahan Sekolah. Manajemen Pendidikan, 52-61.
Ardiansyah, D. (2020). Kepemimpinan Kepala Sma Yang Berorientasi Pada Peningkatan Kualitas . Jakarta Selatan: Direktorat Sekolah Menengah Atas.
Asbar, A. M. (2018). Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Pada Pembelajaran Agama Islam Di Smpn 39 Bulukumba. Ilmiah Al-Qalam, 12, 01.
Cahyono, Y. (2019). Kepemimpinan Perubahan. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan.
Darmawan. (2014). Pengembangan E-Learning: Teori Dan Desain. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Djafri, N. (2017). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah. Yogyakarta: Cv Budi Utama.
Dkk, N. R. (2020). Peran Kepla Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Peserta Didik Di Sdn Martapuro 2 Kab. Pasuruan. Edupsycouns, Vol. 02, No. 01, 327-336.
H.E, M. (2013). Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Pt. Bumi Aksara.
Hakim, D. M. (2019, Januari-Juni). Pengaruh Kepemimpinan Transformatif Terhadap Organisasi Pendidikan. Fikroh, Viii, 1-12.
Karo, R. K. (2018). Nilai-Nilai Kepemimpinan Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Anak. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 02, 594-597.
Komariah, K. H. (2021, April). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Penyerapan Lulusan Berbasis Industri. Research And Development Journal Of Education, 07, 01-10.
Labaso', S. (2018). Konsep Dasar Kepemimpinan Dalam Pendidikan Islam. Al Ghazali, 01, 82-102.
Mulyono, H. (2018). Kepemimpinan (Leadership) Berbasis Karakter Dalam Peningkatan Kualitas Pengelolaan Perguruan Tinggi. Prnrlitian Pendidikan Sosial Humaniora, 03, 290-297.
Murwantini, S. (2017, Desember). Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Perubhan Di Sekolah Menengah Kejuruan Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Taman Vokasi, 05, 196-202.
Ningrum, W. M. (2019). “Manajemen Perubahan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Efektivitas Sekolah Melalui Pelaksanaan Moving Class Di Smp”. Icote, 02, 27-32.
Purnomo, E. (2016). Teori Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta: Yayasan Nusantara Bangun Jaya.
Puspitasari, Y. (2021, Januari-Juni). Pengaruh Manajemen Kepala Sekolah Dan Profesionalisme Guru Terhadap Kinerja Guru. Jmksp, 06, 1-147.
Qistiyah, E. M. (2020). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08, 271-284.
Rahmat, A. (2017). Keemimpinan Pendidikan Dan Budaya Mutu. Yogyakarta: Zahir.
Rizky, H. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif, 03, 3531-3537.
Rustamadji. (2021, April). Kualitas Kepemimpinan Pendidikan Dalam Konteks Organisasi. Pendidikan, 08, 01-10.
Saimima, M. S. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Budaya Etis Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah. Al Itizam, 01, 121-134.
Simryah, N. H. (2021). Kepemimpinan Berbasis Sekolah Unggul Dalam Organisasi Pembelajar. Manajemen Pendidikan Islam Al Hadi, 01, 82-102.
Solikin, A. (2017, Juni). Pemimpin Yang Melayani Dalam Membangun Bangsa Yang Mandiri. Anterior, 16, 90-103.
Suswani, A. (2019). Tantangan Kepemimpinan. Makassar: Pusaka Almaida.
Syafarudin. (2019). Kepemimpinan Pendidikan. Depok: Rajawali Pers.
Syafrida. (2015). Kepemimpinan Keala Sekolah. Manajer Pendidikan, 679-685.
Syaifullah, S. A. (2021, Juli). Kepemimpinan Pendidikan Islam. Ilmiah Indonesia, 01, 867-874.
Syamsul, H. (2017). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Jenjang Smp. Jurnal Idaarah, Vol. 1, No. 2, Desember 2017, 275-289.
Ushansyah. (2016, Oktober). Kepemimpinan Lembaga Pendidikan Islam. Ittihad, 14, 54-60.
Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik Dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yuliani, T. (2016, Juli-Desember). Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. Jurnal Manajemen, 122-.
Zahro, A. M. (2018, September). Kepemimpinan Perubahan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Jamp, 01, 358-363.
Jurnal Inenp Paer akan menerbitkan naskah yang sudah direview dan atau diproses secara ketat.